Ternyata di Bulan Puasa Malah Sulit Menerapkan Makan Sehat

Posted: August 25, 2010 in Kisah

Tefaaaat… timbangan saya yoyo neh, meski tetep berkisar antara 65-66 kg. Padahal saya sudah belajar mengendalikan diri, nggak kayak tahun-tahun sebelumnya yang langsung kalaphppp begitu azan Magrib, melahap menu utama. Puasa kali ini Alhamdulillah baru sekali kalap begitu, gara-gara baru pulang ngajar, sampe rumah sudah 10 menit lewat azan, sudahlah kelaperan langsung mengambil nasi.

Tapi di hari-hari lainnya, biasanya saya berbuka dengan tiga butir kurma dulu dan minum teh, kemudian sholat, baru makanan utama. Dan saya tetap olahraga, kendati porsinya dikurangi, dan nggak tiap hari, paling seminggu tiga kali. Cumaaa.. emang nih.. saya kurang menjaga makanan gorengan. Lauk gorengan (apalagi ada sambal baladonya slllrrrppp) main embat aja. Trus beberapa kali agak lepas kontrol makan kue bolu sisa acara bukber ponakan di sekolahnya hehe. Bolu itu saking melimpahnya nyisa cukup banyak dan ditaro di kulkas. Bolu gulung coklat pula, yummy kan.

Belum lagi godaan lain seperti kolak (ini sih bisa menghindar, nggak gitu hobi soale), es buah dengan sirup dan gula (ternyata gula pasir itu kalorinya besaaaaar sekali, perbandingan aja nih, di situs Pizza Hut ada panduan nutrisi, jus buah tanpa gula kalorinya hanya 20 cal, begitu ditambah gula pasir, melonjak hingga 100 cal!). Mending ganti madu aja, lebih kaya manfaat.

Maka, berat badan yang tadinya sukses sudah turun hingga 65 kg (dari 75kg), sempet merambat ke hampiiirrr 66 kg lagi. Kebetulan waktu itu olahraganya emang kendor. Ditambah asam lambung saya berulah, membuat saya mual dan kliyengan, badan kayak melayang. Nggak mungkin kan dipaksa olahraga. Pernah sih sekali, saya negosiasi ma tubuh, olahraga sedikit…Alhamdulillah berhasil.

Tapi nggak apa, nggak usah ngoyo. Balik lagi aja ke pola hidup sehat, kembali memanggang ayam (ketimbang makan yang goreng) dan sahurnya balik ke oatmeal+susu nonfat+madu. Kemarin-kemarin karena masih ada sisa lauk malam, sayang kalau ndak habis, sahur beberapa kali pakai nasi. Cuma ya itu kalau sahur nasi bawaannya pengen pedes dan kalau udah makan pedes, seharian peyut ndaaak enaaak.

Tetap Semangaaaaat laaaaah…

Comments
  1. dede says:

    laura, gw pernah baca tentang penurunan berat badan yang stuck di situsnya denny santosa. kalo nggak salah, itu karena tubuh kita sudah beradaptasi. buat mensiasatinya kita mesti kreatif mengubah pola olah raga. silakan aja dibuka situsnya. tip2nya dia bagus2 kok.
    tetap semangat!

  2. laurakhalida says:

    denny yang fitnes itu ya? kayaknya gw udah langganan blog dia. iya emang olahraga gw kurang nih dan kurang jaga makan sebetulnya

Leave a Reply

