Finally, 10 kg LOST!

Posted: August 20, 2010 in Kisah

“Hebaaaattt baru seminggu puasa dah turun 10 kg, hehe…” begitu bunyi BBM (Blackberry Messanger) dari Boz saya di majalah. Doi baca status BBM saya: Finally, 10 kg lost, Alhamdulillah.

“Buseet, ga lagi, udah hampir 3 bulan aku pola hidup sehat,” koreksi saya. Supaya nggak kaget aja, moso iya sih puasa baru jalan 10 hari sudah turun 10 kilooo? sehari sekilo doooong? ada apaaa? 

Yup, kalau mengikuti cerita saya di blog ini, tentu tahu kalau sejak akhir Mei 2010 saya mulai menerapkan pola hidup sehat, beserta olahraga dalam rangka menurunkan berat badan. Seumur-umur saya selalu gemuk, cuy, terakhir mencapai berat 75 kg!!! Ortu protes, saya pun cembetut bawaannya hi hi hi. Habis bete juga setiap ketemu temen selalu komentarnya,”Kayaknya elo gemukan dweeeh…” maklum deh masih suka ada orang yang nggak jaga perasaan orang lain dalam mengomentari fisik.

Namun, ternyata itu menjadi alarm buat saya alert terhadap kesehatan diri. Disamping udah susaaah cari baju, setiap mampir toko bawaannya senewen karena baju atau celana susah masuk tubuh, beberapa keluhan fisik juga menyertai. organ-organ tubuh saya tampaknya mulai menjerit dan meronta, pleaseeeee let us free of those fats! hi hi hi. 

Maka, tekad kuat itu harus datang dari dalam diri baru hasilnya tokcer. Dibimbing seorang teman yang saya temui di twitter @jeungririe, yang berhasil menurunkan berat badannya hingga 31 kg!!! dengan cara alami, tidak dengan obat-obatan. Subhanallah.

Maka here I am now! Kendati perjuangannya tidak mudah, terutama mengganti cemilan dengan buah dan menghindari makanan goreng, tapi hasilnya tidak terbayarkan. Sempat agak sereeet sih ketika jarum timbangan sudah di angka 67 kg, pernah hampir 66 kg, tapi karena saya agak lepas kendali, balik lagi ke 67 kg, begitulah, dan kemudian balik lagi hampir 66 kg, kemudian tertolong dengan bulan Ramadhan ini.

Saya akui di bulan Ramadhan agak sulit mengendalikan rasa lapar ketika buka. Namun saya bertekad mengikuti sunnah Rasulullah ketimbang puasa-puasa sebelumnya yang  kalap begitu bedug, langsung makan makanan utama. Kali ini saya berusaha mengendalikan diri, begitu bedug memakan tiga butir kurma dan minum teh, lalu sholat (bahkan mandi dulu karena habis olahraga ringan sore hari), baru makan utama.

Kalau kolak sih saya udah kebal, nggak begitu tergoda memakan, paling kalau pengen ya sesendok aja, sehabis teraweh, yang sulit niih es buah hahahah. Buahnya sih nggak apa, cuma kan ada sirup, gula pasir, waaa, biasanya sih saya ambil juga segelas. Kalau dihitung-hitung kalorinya juga seharian itu (buka dan sahur) tetap masih kurang dari 1.800 kalorie (jumlah maksimal yang harus saya asup dalam sehari, sesuai saran ahli gizi). Jadi nggak usah paranoid amat, lagian tubuh juga butuh energi lebih buat menjalani puasa seharian kan. Namun saya sih cenderung menggantikan gula pasir dengan madu.

Memang ada keluhan lambung nih. Puasa ini kepala saya kliyengan melulu dan kadang mual. Maka madu dan kurmanya nggak boleh stop, kalau pengobatan Islami, madu itu bisa mengobati magh/lambung, sesuai yang dijelaskan Ibnu QayyimAl Jauziyah dalam kitabnya Ath-Thibbun Nabawi, bahwa ketika seorang sahabat mengeluhkan perutnya yang melilitm Rasulullah meresepkan madu. 

Kemudian saudara saya juga mengalami keluhan serupa, dia mendapatkan resep makan singkong mentah seukuran jari (sejempol deh biar gampang), konon ini resep tempoe doeloe di kampung-kampung dan dia merasa baikan. Saya coba juga. Tak lupa melakukan terapi hijamah (bekam) yang sudah rutin saya lakukan sejak Januari 2010.

Begitulah… perjuangan membuahkan hasil, makasih ya Allah…

*fotonya belum ada yak, emang belum potooo hihihi*

Comments
  1. dede says:

    mau dong jeng dibimbing juga biar ikutan turun 10 kilo dst..

  2. laurakhalida says:

    boleeeh, siapa takuuut

  3. meity says:

    tulisan mbak benar2 hebat bisa memotifasi orang untuk bisa menurunkan berat badan dengan alami,saya termasuk orang yg sangat kelebihan berat badan dan saya menyadari semua itu krn pola makan saya yang tidak sehat untuk itu saya mau minta tolong sama mbak untuk bs bantu saya menjalani program menurunkan berat badan seperti yg sudah mbak jalani.

  4. laurakhalida says:

    boleh kok dengan senang hati, tapi keberhasilan ada di tanganmu

  5. linda says:

    mau donk mbak🙂

Leave a Reply

