Jadi, Bagaimana Cara Diet Energi Rendah?

Posted: July 21, 2010 in Informasi

Setelah konsul dengan ahli gizi, saya diberikan daftar diet energi rendah sebagai berikut:

Energi:               1.800      kal

Karbohidrat:      270       g

Protein:                   67, 5  g

Lemak:                       50    g

Itu ketika berat saya masih 73 kg ya (sekarang berhubung sudah 68 kg, saya masih mengikuti pola itu). Dengan contoh menu sebagai berikut:

PAGI:

Nasi            1 sdn (satu sendok nasi)     berat 100 g

tempe        1 ptg  (potong)                                       50 g

Sayuran                                                                         75 g

Minyak     1 sdt (satu sendok teh)                           1 g

Jam 10.00:

buah          1 ptg                                                         100 g

SIANG:

Nasi tim   1  1/2 sdn                                              150 g

daging/ikan  1 ptg                                                    50 g

tempe/tahu  1 ptg                                                     50 g

sayuran                                                                         75 g

buah                1 ptg                                                  

Minyak           1 sdt                                                        1 g

Jam 16:00

Buah               1 bh                                                       100 g

MALAM: 

Nasi tim         1 sdn                                                    100 g

daging/ikan  1 ptg                                                       50 g

tempe/tahu  1 ptg                                                       50 g

sayuran                                                                            75 g

buah                1 bh                                                             

minyak           1 sdt                                                              1 g

Nggak berat kan? Tapi saya nggak saklek mengikuti itu, dan nggak repot-repot menimbang, kira-kira saja, saya sesuaikan sendiri. Karena kita kan diberi selembaran berisi Daftar Bahan Makanan Penukar, jadi kita bisa pintar-pintar mengolah dan memadukan menu. Misalnya kalau sudah makan nasi, maka hindari kentang, karena itu sama-sama karbohidrat. Atau nasi bisa diganti mie dengan takaran tertentu sehingga jumlah kalori, protein, dan karbohidratnya setara.

Saya sendiri kalau pagi biasanya nyarap oatmeal tiga sdm dengan susu non/low fat dan madu sesendok. Atau oatmealnya saya ganti roti gandum setangkup (dua buah), saya cocol di susu plus madu tadi. Kadang roti gandum diolesi madu, atau diolesi gula jawa diet merk Tr*p*k*n* itu, sedikit saja gula jawa ini sudah manis sekali, pas buat campur susu/teh/kopi, satu sendok teh cukup, sudah manis.

Saya belum berani pakai selai, habis pengennya selai coklat dan… ternyata eh ternyata selai coklat itu sesendok saja besar sekali kalori dan lemaknyaaaa whuaaaa. Jadi saya belum berani. Tahan-tahan sampai berat idaman saya dapat deh. 

Lalu makan siang biasanya nasi merah sekitar satu setengah sendok nasi, dengan sayur yang banyak dan lauk ikan/ayam yang tidak digoreng. Kalau nggak mau repot biasanya saya rebus saja, atau panggang. Kalau di rumah masak semur ayam atau gulai ayam, ya saya makan tapi minus kuahnya. 

Makan malam sama saja, demikian. Tapi nasinya dikurangi porsinya, paling satu sendok nasi. Sampai-sampai tempe dan tahu saya rebus loh, dan buat penambah rasa saya suka sekali bikin sambal terasi nanas! Karena bikinnya kan nggak pakai gula dan garam, nanas sebagai perasa. Hanya cabai sesuai selera, bawang merah sesiung, bawang putih sesiung, terasi, dan nanas! that’s all. Btw semua mentah yeee, cabai dan bawangnya jangan digoreng.

Nasi saya baru agak banyak kalau ada… tara: sayur asem hi hi hi. Favorit saya banget tuh, dengan sambal terasi nanas (nanas bisa diganti mangga muda atau gandaria, enak juga!), trus lalapan dweeeh. Yummy.

Learning by doing, lama-lama kita akan semakin kreatif merancang menu. Saya sendiri belum beragam sih menunya, masih malas eksperimen hehe, tapi kadang-kadang “Cling” dapat aja ide. 

Berani Coba?!

makan

Contoh Makan Siangkuw

Comments
  1. laurakhalida says:

    huwalah jadi ngacow begitu ukurannya, tapi yang penting ngerti kan? hihi

Leave a Reply

