Belasan Tahun Minum Teh Hijau Dakuw tak Langsing-Langsing

Posted: July 21, 2010 in Kisah

tehKonon orang Cina dan Jepang langsing-langsing karena mereka rutin minum teh hijau. Well, pengalaman saya ke Hong Kong tahun 2007 lalu sih jadi maklum kenapa mereka langsing-langsing (nyaris jarang saya temui yang endut-endut kayak saya), entah mereka rutin minum teh hijau atau nggak, yang jelas mereka gemar berjalan kaki. Dan lingkungan di sana emang kondusif buat jalan kaki. Saya pun sewaktu di Hong Kong betah jalan kaki, kendati bolak-balik dari flat ke Konsulat RI, lalu balik lagi ke flat, lalu ke luar lagi buat janjian sama rekan BMI (Buruh Migran Indonesia), kebetulan flat saya waktu itu di kawasan Causeway Bay, daerah yang berjubel warung masakan Indonesianya, daerah tempat bersemayamnya Victoria Park yang terkenal itu, dan tempat Konsulat RI berada.

Tapi saya sendiri sudah sejak kuliah minum teh hijau. Kalau dihitung sampai sekarang sih, belasan tahun (buseeet ketawan tuwirnya nih) saya minum teh hijau yang katanya bisa melangsingkan tubuh itu. Nyatanya?? fakta membuktikan saya tak langsing-langsing hi hi hi.

Namun, tak ada yang sia-sia. Alhamdulillah kendati saya termasuk gerombolan si berat, tapi setiap tes lab selalu kolesterol, gula, dll itu normal. Tekanan darah malah cenderung rendah. Entah apakah itu efek teh hijau, yang kalau dilihat secara fungsi sih… memang untuk menormalkan itu semua. Oh ya saya minum teh hijaunya tanpa gula ya. Awalnya sih nggak suka karena agak pahit, tapi belakangan nagih. Justru saya sukanya tuh nyeduh tehnya di pagi hari, di gelas yang besar, lantas minumnya sore hari. Uhhh efek suhu kamarnya suegeeerrr banget.

Tapi saya baca-baca nih, teh hijau memang bisa membuat lemak tak nempel di tubuh, asal konsumsinya sekitar 4-5 gelas per hari, atau minimal setiap habis makan, minumlah teh hijau. Makanya kalau makan di resto Jepang kan orang lebih senang minum teh hijau. Apalagi yang bisa refill hi hi hi, puwaass dweeh. Tahu yah, belum coba, biasanya saya minum teh hijau sehari sekali atau dua kali.

Anyway busway, kalau mau menurunkan berat badan, berdasarkan pengalaman sih memang harus berkesinambungan ya, satu kesatuan paket, nggak cukup hanya minum teh hijau, tapi juga mengatur pola makan, dan olahraganya.

Berikut adalah manfaat teh hijau yang saya sadur dari http://www.nahninu.com

1. Dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi
2. Mencegah timbulnya kadar gula darah yang tinggi
3. Menurunkan kadar kolesterol
4. Menurunkan resiko terkena berbagai penyakit hati
5. Menurunkan resiko terkena stroke
6. Membantu tubuh dalam melawan virus (seperti virus influenza)
7. Dapat menghambat penurunan fungsi syaraf
8. Memperbaiki fungsi kognitif
9. Bermanfaat bagi kesehatan gusi
10. Mencegah sesak nafas
11. Mengurangi stress
12. Menghilangkan kelelahan dan keletihan
13. Mampu mencegah timbulnya penyakit kanker
14. Mampu mengendalikan pertumbuhan tumor
15. Membantu penyembuhan penyakit kanker
16. Membantu menurunkan berat badan
17. Mengurangi resiko timbulnya radang sendi dan reumatik
18. Berfungsi sebagai anti radang tenggorokan
19. Mencegah osteoforosis
20. Mencegah timbulnya alergi
21. Melindungi lever
22. Mencegah hepatitis
23. Membantu menghalangi penyebaran virus HIV
24. Mengurangi bahaya merokok
25. Memperlambat penuaan
26. Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes
27. Mampu mencegah keracunan makanan

Jadi, jangan ragu minum teh hijau ya (tanpa gula). Cuma… mau ngingetin nih, sebaiknya jangan sering-sering mengkonsumsi teh hijau yang instan, yang botolan. Tau… tau banget kalau itu enak, saya juga demen hi hi hi, tapi sejak menerapkan pola hidup sehat, saya menguranginya, kalau pun beli saya pilih yang tanpa kalori (sorry nggak bisa sebut merk). Namun Ririe selalu menegaskan,”Jangan makan/minum yang instan-instan, nggak baik buat kesehatan.” begitu warningnya. Okeh dweeeh… diupayakan (kecuali kepepet hi hi)

Note: gambar diunggah dari dokterboy.wordpress.com

Leave a Reply

